Berbagai Jenis Psikolog

Ketika orang mulai melakukan penelitian tentang jalur karir potensial dalam psikologi, mereka sering terkejut dengan banyaknya pilihan yang mereka miliki.

Seharusnya tidak terlalu mengejutkan – lagipula jika psikologi adalah studi tentang pikiran manusia, maka kompleksitas subjek itu berarti ada banyak bidang studi dan pekerjaan yang tersedia.

Bidang-bidang psikologi yang Psikolog Mana yang Harus Didekati berbeda ini dapat dikategorikan dalam beberapa cara yang berbeda.

Misalnya Anda dapat mengklasifikasikannya berdasarkan fungsi otak ke dalam kategori seperti kognitif, perilaku, persepsi, dll.

Namun dalam artikel ini kita akan Konsultan Psikologi Keluarga membicarakannya lebih banyak dalam hal apakah mereka praktis di alam atau lebih dari peran berbasis penelitian.

Kami akan mulai dengan bidang praktis – pekerjaan di mana Anda menggunakan pelatihan dan pemahaman Anda tentang psikologi untuk membantu Pusat Terapi Psikologi Semarang pasien dengan berbagai masalah mereka.

Yang pertama adalah psikolog klinis. Ini adalah orang-orang yang bekerja dengan orang-orang yang menderita segala macam gangguan psikologis.

Ini dapat mencakup gangguan kepribadian seperti gangguan bipolar, gangguan kecemasan, depresi dan sebagainya.

Sering kali karena kompleksitas gangguan, seorang psikolog dapat memilih untuk memfokuskan upaya mereka pada kelompok kecil untuk memberikan tingkat perawatan yang lebih baik.

Mirip dengan psikolog klinis adalah psikolog konseling.

Mereka mungkin merawat pasien yang serupa tetapi lebih cenderung merawat pasien yang belum tentu menderita kondisi medis yang terdiagnosis.

Misalnya, mereka mungkin bekerja dengan orang-orang yang mengalami kesulitan perkawinan, atau mereka dapat bekerja dengan orang-orang yang ingin mengatasi kehilangan orang yang dicintai.

Selain kedua jenis psikolog ini, Anda juga memiliki berbagai spesialisasi lain yang memfokuskan upaya mereka pada kelompok tertentu.

Beberapa contoh umum dari ini termasuk psikolog sekolah, anak dan olahraga.

Di sisi lain adalah psikolog yang lebih tertarik pada penelitian. Mereka mempelajari otak dan perilaku manusia – keduanya adalah area yang cakupannya cukup luas.

Dalam bidang penelitian ada lagi, berbagai spesialisasi.

Beberapa bidang penelitian yang umum meliputi: pembelajaran; penalaran dan pengambilan keputusan; perkembangan otak dari masa kanak-kanak hingga usia tua; dan psikologi evolusioner yang mencoba memahami bagaimana evolusi memengaruhi dan memengaruhi cara kita berperilaku dalam berbagai situasi.

Ini bukan satu-satunya bidang studi, tetapi mereka pasti beberapa yang lebih umum dikenal.

Jadi seperti yang Anda lihat, ruang lingkup seseorang yang ingin masuk psikologi cukup besar. Anda seharusnya tidak mengalami banyak kesulitan untuk mencocokkan salah satu dari ini atau banyak bidang lainnya dengan minat pribadi Anda dalam beberapa cara.

Ini menjadikannya karier yang dapat memiliki kepuasan kerja yang sangat tinggi dan membuat Anda tetap tertarik lebih lama daripada banyak pilihan karier lainnya.

Jika Anda sedang dalam proses mencoba mencari tahu apakah karier di bidang psikologi tepat untuk Anda, maka saya yakin Anda tertarik pada berapa banyak yang berpotensi Anda peroleh setelah Anda memenuhi syarat.

 

 

Leave a Comment